Minggu, 27 Juni 2010

Siapa Jagoanmu?


Aku terserang demam nih. udah sejak 9 juni 2010 yang lalu. eit, tapi bukan demam panas lho. demam asmara juga bukan. tapi aku kena demam bola.

Yap, piala dunia 2010 udah dimulai sejak 9 juni 2010 di Afrika Selatan. Mulanya banyak orang pesimis terhadap penyelenggaraan kali ini. Tiket pertandingan pun banyak yang tersisa. tapi kenyataan nya .. bisa liat sendiri kan? setiap pertandingan stadion selalu sesak oleh lautan suporter. Banyak suporter yang datang dari negara luar untuk mendukung negaranya maupun suporter lokal yang mencari hiburan.

Piala Dunia 2010 dibuka dengan pertandingan tuanrumah, Afrika Selatan melawan tim asal benua amerika, Meksiko. Pertandingan itu berkesudahan 1-1

Sampai saat ini, sudah banyak tim-tim favorit berguguran contohnya Prancis, Italia, dan Serbia. Tragis memang, Prancis dan Italia adalah kedua finalis Piala Dunia sebelumnya yaitu tahun 2006 yang dijuarai oleh Italia lewat adu tendangan penalti. Banyak faktor yang mempengaruhi tim-tim tersebut tumbang entah teknis, non-teknis, ataupun ketidakberuntungan. Salah satu faktor yang banyak dipermasalahkan oleh para tim peserta piala dunia kali ini adalah......
Bola Jabulani, Bola Piala Dunia 2010
                
Bola pada piala dunia kali ini dinamakan, JABULANI.
Bola ini dibuat dan didesain khusus oleh Adidas. Nama Jabulani diambil dari bahasa Bantu, salah satu dari 11 bahasa resmi di Afrika Selatan (Afsel), tuan rumah Piala Dunia 2010. Arti dari Jabulani kurang lebih "untuk merayakan". Makna angka 11 menjadi salah satu inspirasi pembuatan bola tersebut. Kebetulan, di Afsel ada 11 suku dan 11 bahasa resmi. Selain itu, angka 11 merupakan jumlah pemain dalam setiap tim. Maka, desain bola ini tak jauh-jauh dari filosofi angka tersebut.
Maka, bola itu memiliki 11 warna. Warna-warna cerah penuh semangat dari Afsel sangat dominan dalam bola tersebut. Ada gambar segitiga yang terispirasi dari figur luar Stadion Johannesburg's Soccer City. Masing-masing elemen desain tersebut menampilkan warna cerah Afsel.

Bahkan nih ya, pelatih tim Inggris, Fabio Capello mengatakan bahwa bola ini adalah bola terburuk yang pernah dipakai di turnamen. Ataupun komentar kiper timnas Italia, sebut saja Buffon (emang namanya kali). Dia berkomentar bahwa bola itu kualitasnya tidak lebih baik atau sama dengan bola-bola yang dijual di supermarket. Tapi apapun komentar orang, FIFA tetap memberlakukan bola ini sebagai bola resmi Piala Dunia 2010.

JERSEY
Oh iya aku mau bahas hal menarik disini. Dalam bertanding, juga diperlukan kenyamanan dalam berseragam. Selain nyaman seragam juga sebaiknya enak dipandang mata. Dari 32 macam seragam tim yang dipakai di pertandingan aku paling suka seragam tim-tim ini:
















 










Urut dari atas kiri searah jarum jam: Japan (home), Spanyol (home), Argentina (home), Japan (away)

Tiga baju itu favoritku. Seragam tim mana yang kamu suka?

TIM FAVORIT-ku

Kalau bicara soal jagoan, dari dulu jagoanku yaitu.... BRAZIL
nih. Starting eleven Brazil di Piala Dunia 2010
 

Sebenernya di Piala Dunia 2010 ini aku njagoin Brazil sama Spanyol ketemu di Final. Tapi karena mereka berada dalam satu jalur di fase knock-out jadinya maksimal mereka bisa ketemu di semifinal. Semoga saja. hehe. Buat pertandingan finalnya, Brazil v Argentina kayaknya seru nih. soalnya di Argentina ada pemain favoritku di Piala Dunia kali ini, Lionel Messi.


jadi, siapa jagoanmu di pergelaran akbar se-dunia yang diadakan 4 tahun sekali ini????

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India